Ensiklopedia Dunia

Memberikan informasi unik

 photo YourAdsHere728x90_zpsc2d613a8.jpg

Patut Dicoba, 5 Cara Unik Redakan Stres

Stres terjadi pada setiap orang. Padahal selain membuat agan jengkel, komplikasinya bisa dikatakan cukup menakutkan misalnya mengganggu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

"Semua orang merasa tertekan, sampai-sampai kita mulai berpikir hal itu normal karena kadung terbiasa dengannya. Bahkan terkadang kita mencoba untuk berpura-pura tidak stres tapi tak dapat dipungkiri jika stres diam-diam bisa membunuh anda," ujar psikoterapis Robert Friedman, penulis buku How to Relax in 60 Seconds or Less.

   
Jadi daripada pusing-pusing, simak trik pereda stres yang simpel dan unik dari Friedman ini :

1. Meniup Balon

Ketika stres Anda cenderung mengambil nafas pendek dan dangkal. Itulah mengapa meniup balon memaksa Anda untuk bernafas lebih lambat dan dalam karena Anda harus menggunakan diafragma untuk itu. Teknik ini juga dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik, menurunkan detak jantung dan merilekskan otot Anda.

Jika tidak, setiap kali membuka pintu ruangan kerja Anda maka lakukan itu sambil mengambil nafas dalam-dalam, saran Friedman.

2. Cobalah Yoga Tertawa

Anak-anak tertawa sebanyak 140 kali sehari, padahal orang dewasa hanya bisa melakukannya 12-14 kali. "Setiap kali tertawa Anda melepaskan endorfin, padahal hormon itu 200 kali lebih kuat ketimbang morfin," kata Friedman.

Yoga tertawa dapat membantu Anda melakukannya karena yoga ini memprovokasi Anda tertawa melalui kontak mata dan latihan pernafasan.

Bahkan jika Anda bisa tertawa, meski awalnya hanya berpura-pura, maka upaya ini akan menciptakan efek di dalam tubuh yang memicu pelepasan endorfin dan melawan stres Anda.

3. Ngomong Dengan Bahasa Ngawur

Buatlah perkataan dengan bahasa yang ngawur seperti abba gabba beee du jaaah atau bla bla bleh lalu gunakan itu untuk ngobrol dengan rekan Anda. Mungkin Anda akan terdengar konyol tapi bisa dijamin setelah itu Anda akan tertawa. Saat itulah stres Anda akan perlahan mulai berkurang.

4. Mendengarkan Suara Ibu

Sejumlah peneliti menemukan ketika para gadis muda berada dalam situasi yang tertekan, mendengarkan suara ibunya lewat telepon dapat mengurangi hormon stres yang dialaminya sembari meningkatkan pelepasan kadar oksitosin atau hormon yang membuatnya kembali merasa enakan.

5. Lakukan Hal Hal Konyol

Terkadang karena tenggelam dengan kehidupan rumah tangga atau urusan pekerjaan, Anda jadi lupa untuk melakukan hal-hal konyol yang sedianya dapat membantu Anda menghadapi masa-masa penuh tekanan.

Cobalah mengumpulkan kartun-kartun yang Anda sukai, lirik lagu, surat dari teman-teman Anda, foto dan video yang sebagian besar memberikan makna tersendiri bagi Anda. Kalau perlu tambah koleksi Anda setiap harinya.

"Jadi ketika Anda stres, hentikan aktivitas utama Anda dan simak koleksi kekonyolan yang Anda miliki tadi," saran Blonna.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan menambah wawasan kita :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Unik dengan judul Patut Dicoba, 5 Cara Unik Redakan Stres. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://serupediaa.blogspot.com/2013/04/patut-dicoba-5-cara-unik-redakan-stres.html. Terima kasih!
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 03 April 2013

Belum ada komentar untuk "Patut Dicoba, 5 Cara Unik Redakan Stres"

Posting Komentar